Tuesday 3 March 2020

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA UMUM: VITAMIN DAN MINERAL


I. PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Setiap orang memerlukan berbagai zat gizi, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.  Anak-anak sangat  membutuhkan nutrisi  untuk perkembangannya sedang orang dewasa membutuhkannya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Zat gizi adalah bahan-bahan kimia dalam makanan yang memberikan energi bagi tubuh. Zat   gizi   dibagi  menjadi   2   bagian   besar,   yaitu  makronutrisi   dan  mikronutrisi. Makronutrisi terdiri dari protein,  lemak, karbohidrat dan beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh setiap hari dalam jumlah yang besar. Mikronutrisi adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sangat sedikit (hanya dalam ukuran miligram sampai mikrogram), seperti vitamin dan mineral.
Pengetahuan tentang vitamin sangat diperlukan dalam kehidupan manusia terutama  bagi  kesehatan.  Misalnya,  vitamin C  sangat  berguna/berperan dalam menjaga  dan memperkuat   imunitas   terhadap  infeksi,  vitamin C  juga  berperan penting   terhadap   fungsi   otak,   karena   otak   banyak  mengandung   vitamin   C. Kekurangan   vitamin  C  dapat  menimbulkan   berbagai   penyakit   pada  manusia, seperti  pendarahan di  hidung,  masuk angin,  encok,   rhematic,  peradangan pada persendian,  luka bernanah pada organ lambung,  dll.  Oleh karena itu,  vitamin C sangat   penting   bagi   kehidupan   manusia.  
Sebagaimana kita menjadi tua, tulang kita menghilangkan kandungan zat mineralnya. Kita mungkin kehilangan zat mineral tulang lebih cepat jika kita berusia lebih dari 50 tahun. Osteoporosis juga dikaitkan dengan kekurangan kalsium atau vitamin D dalam diet, dengan merokok, dengan memakai terlalu banyak kafein atau alkohol, dan kekurangan olahraga. Kita belum mengerti mengapa orang dengan HIV mempunyai angka osteoporosis lebih tinggi. Namun sebuah penelitian baru menemukan hubungan antara kehilangan tulang dan lamanya terinfeksi HIV.
Pada percobaan ini, dilakukan penentuan kadar vitamin C dan analisa kualitatif abu tulang.
B.     Permasalahan
Permasalahan dalam praktikum ini yaitu:
1.      Bagaimana cara menentukan kadar vitamin C?
2.      Uji-uji apa saja yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya mineral?
C.    Tujuan
Tujuan praktikum ini yaitu:
1.      Untuk menentukan kadar vitamin C dan
2.      Menganalisa kualitatif abu tulang.
D.    Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari praktikum  ini, antara lain : 
1.      Menambah pengetahuan mengenai cara menentukan kadar vitamin C yang terkandung dalam sampel.
2.      Dapat mengetahui uji-uji yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya mineral dalam sampel.

UNTUK MENDOWNLOAD FULL LAPORAN INI (file doc.) KLIK DISINI





1 comment:

michelle said...

Numpang promo ya Admin^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^