Thursday 27 October 2011

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR KIMIA ANALITIK : UJI KATION


UJI KATION
A.    TUJUAN PERCOBAAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai pada praktikum kali ini yaitu menentukan adanya kation secara komulatif dengan melakukan uji spesifik.

B.     LANDASAN TEORI
Timbal atau yang kita kenal sehari-hari dengan timah hitam dan dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan kata plumbum dan logam ini disimpulkan dengan Pb. Logam ini termasuk ke dalam kelompok logam-logam golongan IV-A pada tabel periodik unsur kimia. Timah hitam dan senyawanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pernafasan dan saluran pencernaan, sedangkan adsorbsi melalui kulit sangat kecil sehingga dapat diabaikan (Ardyanto, 68-69).
Secara alami tanah mengandung Pb dan Cd dengan konsentrasi 20-42 mg/kg yang tergantung dari batuan induk, cara terbentuknya tanah, dan translokasi logam berat di tanah. Namun Pb dan Cd adalah logam berat yang secara fisiologis tidak diperlukan tanaman maupun hewan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan lumpur kering dalam produksi tanaman perlu dipastikan dosis yang akan dipakai dan tingkat akumulasi logam berat di bagian tanaman konsumsi (Hindersah et al, 142).
Pertukaran ion merupakan proses pertukaran kimia di mana zat yang insoluble memisahkan ion-ion bermuatan positif atau negatif dari larutan elektrolit dan melepaskan ion-ion bermuatan sejenis ke dalam larutan yang secara kimiawi jumlahnya sama. Proses pertukaran ion ini tidak menyebabkan perubahan struktur fisik penukar ion. Fe buatan dibuat dengan menggunakan Fe (NH4)2 (SO4)2. 6H2O karena Fe dalam Fe (NH4)2 (SO4)2. 6H2O berbentuk Fe2+ yang terlarut dan relative stabil sehingga dapat dianalogkan dengan keberadaan Fe dalam air tanah yang umumnya juga berbentuk Fe2+ (Poerwadio et al, 169-171).
Pb yang merupakan hasil samping dari pembakaran ini berasal dari senyawa tetraetil - Pb yang selalu ditambahkan dalam bahan bakar kendaraan bermotor dan berfungsi sebagai anti ketuk (anti-knock) pada mesin-mesin kendaraan. Beberapa industri menggunakan Pb sebagai industri, seperti PbO, Pb3O4 (Palar, 1994).
Besi merupakan salah satu unsur pokok alamiah dalam kerak bumi. Keberadaan besi dalam air tanah biasanya berhubungan dengan pelarutan batuan dan mineral terutama oksida, sulfida, karbonat, dan silikat yang mengandung logam-logam tersebut (Benefield, 1992).
 C.    ALAT DAN BAHAN
  1. Alat
Adapun alat yang digunakan pada percobaan ini adalah :
-          Pipet tetes
-          Gelas kimia
-          Tabung reaksi
-          Kertas saring                         
  1. Bahan
-          Larutan sampel
-          HCl  2 M
-          H2O
-          KBr 1 M
-          K2CrO4 1 M
-          H2SO4 2 M
-          HgCl2
-          KSCN
-          KI
-          NaOH 2 M
 
UNTUK MENDOWNLOAD FULL LAPORAN INI KLIK DISINI  





No comments: