Tuesday 16 April 2013

LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIA UMUM: HIDROLISIS KARBOHIDRAT



BAB I
 PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pada umumnya bahan makanan itu mengandung tiga kelompok utama senyawa kimia yaitu, karbohidrat, protein, dan lemak atau lipid. Karbohidrat merupakan senyawa karbon, hidrogen dan oksigen yang terdapat dalam alam. Banyak karbohidrat mempunyai rumus empiris CH2O, misalnya glukosa (C6H12O6). Karbohidrat adalah polihidroksi aldehid atau keton atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila dihidrolisa. Molekul karbohidrat terdiri atas atmo-atom karbon, hidrogen dan oksigen. Pada senyawa yang termasuk karbohidrat terdapat gugus –OH, gugus aldehid atau gugus keton. Karbohidrat sangat beraneka ragam sifatnya. Salah satu perbedaan utama antara pelbagai tipe karbohidrat ialah ukuran molekulnya, diantaranya monosakarida, disakarida, oligosakarida dan polisakarida.
Karbohidrat sangat akrab denga kehidupan manusia, karena ia adalah sumber energi utama manusia. contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah pada tepung, gandum, jagung, beras, kentang, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Jagung di Indonesia merupakan bahan pangan penting sumber karbohidrat kedua setelah beras. Di samping itu juga digunakan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri. Kebutuhan jagung di Indonesia untuk konsumsi meningkat 5,16% per tahun, sedangkan untuk kebutuhan pakan ternak dan industri naik 10,87% per tahun
Selain untuk pengadaan pangan dan pakan, jagung juga banyak digunakan industri makanan, minuman, kimia, dan farmasi. Berdasarkan komposisi kimia dan kandungan nutrisi, jagung mempunyai prospek sebagai pangan dan bahan baku industri. Pemanfaatan jagung sebagai bahan baku industri akan memberi nilai tambah bagi usahatani komoditas tersebut. Namun diversifikasi pangan sumber karbohidrat, yang merupakan bagi-an terbesar pangan yang dikonsum-si masyarakat Indonesia, masih sukar dilaksanakan. Untuk itu identifikasi karbohidrat pada percobaan ini dilakukan demi pemanfaatan lebih lanjut dan mengetahui komposisi kimia apa saja yang terdapat didalamnya.
A.    Tujuan
Tujuan dari percobaan ini adalah :
1.     Untuk mengetahui hidrolisis pati dengan asam.
2.     Untuk mengetahui hidrolisis pati dengan amylase.
B.    Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari praktikum  ini antara lain:
1.     Memberikan  pengetahuan mengenai hidrolisis pati dengan asam.
2.     Memberikan pengalaman mengenai hidrolisis pati dengan enzim amylase


BAB III
METODE PRAKTIKUM
A.      Waktu dan Tempat
Waktu dilaksanakannya percobaan ini pada hari Jumat tanggal 12 November 2010 bertempat di Laboratorium Kimia Fakultas MIPA Universitas Haluoleo.
B.      Alat dan Bahan
1.   Alat
Alat-alat yang digunakan pada praktikum kali ini adalah tabung reaksi, spektrofotometer, pipet ukur 2 mL, pipet tetes, rak tabung, timbangan, gelas kimia, filler, pemanas, dan botol semprot.
2.   Bahan 
            Bahan-bahan yang digunakan pada praktikum kali ini adalah larutan Pati, HCl 4 N, KH2PO4 1    M, reagen DNS, larutan ludah, larutan maltosa, akuades.

 UNTUK MENDOWNLOAD FULL LAPORAN INI (file doc.) KLIK DISINI

No comments: