Wednesday 3 April 2013

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR KIMIA ANALITIK : TITRASI PENGENDAPAN



TITRASI PENGENDAPAN

A.    Tujuan Percobaan
Percobaan ini bertujuan untuk menentukan kadar bromida dalam sampel dengan cara fajans
B.     Landasan Teori
            Dalam titrasi pengendapan, zat yang ditentukan bereaksi dengan zat pentiter membentuk senyawa yang sukar larut dalam air. Karena itu kepekatan zat yang ditentukan itu berkurang selama berlangsungnya proses titrasi. Perubahan kepekatan itu diamati dekat titik kesetaraan dengan bantuan indikator atau peralatan yang sesuai. Sebenarnya, hanya reaksi pengendapan dengan ion perak yang lazim digunakan dalam titrasi pengendapan, meskipun kadang-kadang dapat pula dipakai reaksi pengendapan dengan ion raksa(I) (Rivai, 199).
            Apabila suatu senyawa organik berwarna diserap pada permukaan suatu endapan, perubahan struktur organik mungkin terjadi, dan warnanya sebagian besar kemungkinan telah berubah dan mungkin menjadi lebih jelas. Peristiwa ini dapat dipakai untuk mengetahui titik akhir dari titrasi pengendapan garam-garam perak. Senyawa organik yang dipergunakan demikian, disebut sebagai “indikator adsorpsi”. Fluoresein merupakan sebuah asam organik lemah yang dapat kita nyatakan sebagai HFI. Indikator adsorpsi merupakan asam lemah atau basa lemah (Underwood, 1981).
            Titrasi argentometri merupakan titrasi dengan menggunakan larutan perak nitrat untuk menentukan kadar halogen.
NaX(aq) + AgNO3(aq) AgX(aq) + NaNO3(aq)
Penelitian ini menggunakan titrasi argentometri dengan metode Mohr yakni mula-mula Ag+ yang ditambahkan bereaksi  membentuk endapan AgCl berwarna putih. Apabila Cl- sudah habis bereaksi maka kelebihan Ag+ selanjutnya bereaksi dengan CrO42- yang berasal dari indikator K2CrO4 yang ditambahkan dan membentuk endapan Ag2CrO4 yang berwarna merah bata, berarti titik akhir titrasi sudah tercapai (Antara et al., 2008).



C.    Alat dan Bahan
1.     Alat
Alat-alat yang digunakan pada percobaan ini yakni :
-   Buret 50 mL
-   Pipet volume 25 mL
-   Statif dan Klem
-   Erlenmeyer 250 mL
-   pipet tetes
-   Labu ukur
2.     Bahan
Adapun bahan-bahan yang digunakan yakni :
-   KBr
-   AgNO3
-   Fluoresein
-   Aquades

  UNTUK MENDOWNLOAD FULL LAPORAN INI (file pdf.) KLIK DISINI 

No comments: