Monday 29 April 2013

LAPORAN PRAKTIKUM METODE PEMISAHAN KIMIA: PENENTUAN NIKEL SEBAGAI KOMPLEKS DIMETILGLIOKSIM DENGAN EKSTRAKSI



PENENTUAN NIKEL SEBAGAI KOMPLEKS DIMETILGLIOKSIM DENGAN EKSTRAKSI

A.    Tujuan
Tujuan dilakukannya percobaan ini adalah untuk menentukan nikel sebagai kompleks nikel-dimetilglioksim dengan cara ekstraksi.
B.    Landasan Teori
Suatu ion atau molekul komples terdiri dari satu atom (ion) pusat dan sejumlah ligan yang terikat erat dengan atom (ion) pusat itu. Atom pusat itu ditandai oleh bilangan koordinasi, suatu angka bulat, yang menunjukkan jumlah ligan (monodentat) yang dapat membentuk kompleks yang stabil dengan satu atom pusat. Ion-ion dan molekul-molekul anorganik sederhana seperti NH3, CN-,  Cl-, H2O membentuk ligan monodentat, yaitu satu ion atau molekul menempati salah satu ruang yang tersedia sekitar ion pusat dalam bulatan koordinasi, tetapi ligan bidentat, tridentat, dan juga tetradentat. Kompleks yang terdiri dari ligan-ligan polidentat sering disebut sepit (chelate) (Svehla, 1985).
Spektrofotometer sesuai dengan namanya adalah alat yang terdiri dari spectrometer dan fotometer. Spektometer menghasilkan sinar dari spectrum dengan panjang gelombang tertentu dan fotometer adalah alat  pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diabsorbsi (Khopkar, 1990).
Bila suatu zat terlarut terbagi atas dua cairan yang tidak saling bercampur, maka dalam keadaan setimbang terdapat hubungan antara konsentrasi zat terlarut dalam kedua fasa tersebut. Nernst pertama kali memberikan pernyataan mengenai Hukum Distribusi (1981), yaitu suatu zat terlarut akan membagi dirinya antara dua cairan yang tak saling campur sehingga angka banding konsentrasi pada kesetimbangan adalah konstan pada temperatur tertentu. Ekstraksi merupakan proses pemisahan dimana suatu zat terbagi dalam dua pelarut yang tidak tercampur (Armid, 2006).
Pereaksi-pereaksi organik yang dipakai dalam pemeriksaan kimia umumnya mengandung gugus fungsi yang bertindak sebagai ligan. Karena itu, pereaksi-pereaksi ini dapat membentuk senyawa kompleks dengan ion-ion logam, terutama senyawa kompleks dengan kelat. Pereaksi-pereaksi organik tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan endapan atau mencegah timbulnya warna atau untuk mengubah sifat oksidasi atau reduksi suatu senyawa (Rivai, 1995). 
Perpindahan massa fasa cair-cair merupakan suatu fenomena penting dalam proses ekstraksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan perpindahan massa adalah koefisien perpindahan massa. Harga koefisien perpindahan massa pada ekstraksi cair-cair dalam tangki berpengaduk dipengaruhi oleh variabel sifat fisis cairan, difusivitas zat terlarut dalam cairan, bentuk dan ukuran alat, kecepatan putar pengaduk, fraksi volum fasa cair terdispersi (φ) dan percepatan gravitasi bumi.
Koefisien perpindahan massa fasa dispersi untuk ekstraksi dapat dikorelasikan dalam bentuk empirik dengan melibatkan bilangan tak berdimensi. Salah satu contoh korelasi ini adalah ekstraksi dalam tangki berpengaduk (Abidin et al, 2008).
Studi yang banyak dilakukan adalah mencari persamaan-persamaan fundamental proses ekstraksi untuk mendukung perancangan alat ekstraksi yang lebih efisien/optimal. Konsep dasar yang terlibat adalah keseimbangan fasa cair-cair dan perpindahan massa cair-cair. Ada kecenderungan baru untuk mencoba menggunakan ekstrksi reaktif. Salven yang dipakai mengandung zat yang bisa berikatan kimia atau membentuk senyawa kompelks dengan zat yang diserap sehingga kemampuan salven mengekstraksi meningkat. Salah satu contoh adalah ekstraksi asam sitrat dari air (hasil fermentasi) dengan salven metil isobutilketon (MIBK) yang mengandung trisooktilamin (TIAO) (Sediawan et al, 2000).
C.    Alat dan Bahan
1.     Alat

-  Corong pisah
-  Labu takar 25 mL
-  Gelas ukur
-  Pipet volume 10 mL
-  Timbangan analitik
-  Filler
-  Spektronik
-  Kuvet
- Batang pengaduk

2.     Bahan
-  Nikel (II) ammonium sulfat 6H2O
-  Amoniak pekat
-  Kloroform
-  Asam sulfat
-  Dimetilglioksim
-  Aquades 
- Tissue

 UNTUK MENDOWNLOAD FULL LAPORAN INI (file doc.) KLIK DISINI

No comments: